Total Pageviews

Friday 25 November 2011

Manfaat budidaya Jabon bagi lingkungan


Pengendalian kerusakan lingkungan dapat dilakukan dengan menanam dan memelihara tanaman, seperti tanaman Jabon. Setiap Jabon yang ditanam dapat membantu meningkatkan kualitas lingkungan, diantaranya meningkatkan kesuburan tanah, memperbaiki sistem pengairan, dan memperbaiki iklim mikro.
Dinilai dari aspek konservasi tanah dan air, penanaman jabon memberikan peranan yang sangat penting untuk memelihara kondisi tanah dan lingkungan di sekitar tempat tanam. Selain itu, penanaman jabon mamapu membantu melestarikan alam untuk kelangsungan hidup manusia, baik pada masa sekarang maupun pada generasi yang akan datang.
 
Kemajuan pembangunan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat ternyata tidak diikuti oleh peyangga kehidupan seperti sumber daya hutan. Kegiatan pembangunan yang semakin beragam juga menghasilkan produk sampingan berupa limbah dan sampah. Hasil sampingan tersebut perlu dijaga agar tidak melebihi daya tampung dan membahayakan ekosistem lingkungan. Kerusakan lingkungan, termasuk kerusakan sumber daya alam didefinisikan sebagai perubahan sifat fisik dan hayati yang mengakibatkan lingkungan hidup tidak berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan.
Berdasarkan hasil penelitian, produktifitas tanah di berbagai tempat relatif menurun. Pasalnya, tidak adanya pengelolaan tanah yang memadai, kehilangan tanah akibat erosi, degradasi sifat fisik tanah, pencemaran dan pembangunan. Karena itu, perananan jabon dalam “menghijaukan” tanah di sekitar tempat tumbuhnya sangat potensial. Daun jabon yang jatuh ke tanah berperan sebagai pupuk dan dapat memperbaiki kualitas air di dalam tanah. Selain itu, kelebihan jabon lainnya adalah kemampuannya untuk tumbuh di tanah yang memiliki kadar garam tinggi. Kelebihan ini menjadi hal penting. Pasalnya, jumlah tanah yang berkadar garam tinggi diperkirakan semakin bertambah pada masa yang akan datang akibat ketidakseimbangan ekosistem.

Untuk pemesanan bibit Jabon Hartono Hp. 0823-78000858
Dapatkan harga lebih murah dengan pemesanan secara  INDEN 2.5 bulan min 10 ribu bibit.

No comments:

Post a Comment